Trik Membuat Septic Tank Dengan Tepat

Dalam membuat sebuah bak tempat penampungan limbah rumah tangga harus perlu memperhatikan beberapa hal, untuk dapat meminimalisir segala masalah yang dapat timbul di kemudian hari. Banyak masayarat yang menganggap enteng dalam menbuat sebuah saluran pembuangan limbah rumah tangga, karena di anggap sesuatu yang tak perlu untuk mendapatkan perhatian. Namun hal tersebut kurang tepat, karena salah sedikit saja dalam pembuatan sebuah saluran pembuangan limbah, dapat di pastikan septic tank rumah anda tak akan bertahan lama.

Langkah Pembuatan Septic Tank

Dalam membuat sebuah tampungan perlu mempehatikan beberapa hal berikut seperti: lokasi tempat yang akan di gunakan untuk membuat saluran pembuangan, adanya resapan limbah, jarak dari rumah menuju ke tampungan, material yang di perlukan untuk membuat tempat saluran pembuangan limbah. Untuk dapat membuat tampungan yang baik ikuti beberapa langkah-lngkah berikut ini:

 

  • Dalam membangun sebuah bak tampungan limbah, sebaiknya tentukan terlebih dahulu fungsi dan kegunaan tampungan tersebut apakah di gunakan hanya untuk pribadi ataupun untuk beberapa rumah sekitar. Jika di gunakan untuk pribadi, maka dapat di buat dengan ukuran standar, namun jika di gunakan untuk kepentingan beberapa rumah maka di buat lebih luas dengan sumur resapan yang lebar untuk menghindarkan dari kelebihan tampungan.
  • Untuk membuat bak penampungan sebaiknya jauhkan dari sumber mata air bersih seperti sumur. Hal ini penting untuk di perhatikan supaya dapat menghindarkan tercampurnya air dari sumur dengan resapan dari bak tampunga limbah. Untuk idealnya, bangun bak tampungan limbah dengan sumur berjarak sekitar 10meter.
  • Bangun bak pengontrol, tujuan dari pembangunan bak pengontrol ini untuk mengontrol saluran air kotor apakah terdapat hembatan yang dapat menganggu aliran air menuju ke bak pembuangan limbah. Bak pengontrol ini bisanya mempergunakan tutup cor yang yang telah di lengkapi dengan tulang besi untuk membuka bak tersebut. bak harus di buat lebih dalam dari saluran air kotor supaya endapan yang ada dalam bak tersebut lebih gampang di bersihkan.
  • Buatlah resapan air kotor, untuk dapat membuat resapan anda harus menyiapkan beberapa material yang akan di gunakan seperti pasir, peralon, ijuk serta kerikil. Peralon yang di gunakan nantikan di beri lubang agar memudahkan dalam penyerapan air.

Selain beberapa hal yang telah di sebutkan tadi diatas, untuk membuat Septic Tank Biotech lebih tahan lama, usahakan untuk tidak membuang bahan-bahan yang mengandung kimia ke dalam tampungan, dan untuk melakukan pengurasan, sebaiknya di lakukan oleh para ahli karena jika hanya di kuras secara manual akan sangat membahayakan bagi anda serta lingkungan sekitar. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua ya.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*